Sabtu, 30 September 2017

Deret Volta


Assalamu’alaikum!
Selamat datang di blog sederhana ini. Pada postingan pertama ini, saya akan membahas tentang Deret Volta. Apa itu Deret Volta? Apa kegunanya? Mari kita ikuti bersama. Namun sebelumnya, disini saya hanya akan membahas tentang Deret Volta, bukan Elektrokimia secara keseluruhan atau bagian-bagiannya. Dan juga saya tidak membahas secara mendalam tentang Deret Volta, hanya sekedarnya saja. Semoga bermanfat.
 

Deret Volta

Deret elektrokimia atau Deret Volta adalah urutan unsur-unsur logam (ditambah air dan hidrogen) berdasarkan kenaikan potensial elektrode standarnya (E0sel). Potensial elektrode standar adalah besarnya potensial elektrode (anode & katode) yang diukur pada keadaan standar (konsentrasi 1 M, suhu 25oC, dan tekanan 1 atm). Berikut Deret Volta yang telah saya pelajari di kelas XII SMA pada tahun 2016.



Berikut rinciannya:


Pada Deret Volta, unsur logam dengan potensial elektrode lebih negatif ditempatkan di bagian kiri, sedangkan unsur dengan potensial elektrode yang lebih positif ditempatkan di bagian kanan. Semakin ke kiri kedudukan suatu logam dalam deret tersebut, maka:

  • Logam semakin reaktif (semakin mudah melepas elektron)
  • Logam merupakan reduktor yang semakin kuat (semakin mudah mengalami oksidasi)
Dan begitu pula sebaliknya.

Deret Volta digunakan untuk sebagai acuan apakah logam tersebut bisa bereaksi dapat bereaksi dengan ion logam lain.

Bagi yang hendak menghafal Deret Volta, namun mengalami kesulitan dalam menghafalnya, dapat dihapal dengan Jembatan Keledai. Jembatan Keledai adalah cara menghafal dengan menjadikan suatu huruf atau suku kata (biasa dipakai dalam simbol unsur) menjadi sebuah kata yang kadang membentuk suatu kalimat. Berikut adalah Jembatan Keledai tentang Deret Volta yang saya buat sendiri.


Lintah  Kentut  Bareng  Srigala  Cari  Nafkah  Langsung  Ceplok  Mangga
Lurah  Ali  Minum  (Air)
Zeno  Crita  Feri  Candu  Coklat  Nikmat
Snapan  Purba  (Hilang)  Sibuk  Bilang  Cuma  Hangus  Agar  Peti  Aus


Hehehe... Meski agak kurang jelas dan terasa konyol, namun Jembatan Keledai tersebut dapat membuat saya menghafal Deret Volta dalam waktu kurang dari 5 menit.

Demikianlah pembahasan tentang Deret Volta kali ini. Maaf apabila ada yang salah atau kurang baik. Mohon tinggalkan komentar di bawah untuk menambah usulan. Semoga bermanfaat.

Wasslamu’alaikum!



Daftar Pustaka



KIMIA Jilid 3 untuk SMA/MA Kelas XII Penerbit Erlangga

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar